Milad ke 25 Tahun. KOPMA Telah Ukir Prestasi Nasional.

25 tahun yang lalu mahasiswa yang memiliki basic dalam bidang usaha berupaya untk mendirikan UKM Bisnis hanya saja waktu itu disarankan oleh lembaga kampus ntuk dibentuk ukm Kopma (Koperasi mahasiswa). Ada sepuluh orang perintis, salah satunya Dede yang menginginkan Kopma berdiri di kampus. Akhirnya terbentuklah UKM kopma tahun 1992 yang diresmikan pada 17 November. Adapun pembentukannya di bulan maret sebelumnya.

Zaki Fauzi selaku Direktur Utama menjelaskan bahwa awalnya, ada kegiatan untuk anggota, ada juga kegiatan untuk umum. Kegiatan untuk anggota pertama kajian dan life skill. Diantaranya kajian keorganisasian yang memang dibutuhkan untuk anggota guna memupuk organisasinya. Sedangkan untuk umum ada seperti seminar, bisnis talkshow, dan bazaar.

Zaki menegaskan bahwa KOPMA saat ini sudah memiliki beberapa usaha diantaranya rental computer, PBJ pengadaan barang dan Jasa. Baso Bakar, kuliner mahasiswa.

“Kita sekarang sedang mengupayakan pengadaan toko Kopma, dengan sistem swalayan yang memakai komputerisasi. Itu sedang kita rintis dan sedang meminta perijinan ke lembaga rektorat. Harapan dan targetnya. Sebelum bulan desember 2017 ini lengser. Semua target sudah rampung” ujar Zaki

Zaki juga memaparkan beberapa capaian KOPMA di tahun ini diantaranya, baru-baru ini kita mememendapatkan juara tiga debat nasional di UIN Malang, kemudian Runner up DTA provinsi banten.

“Harapan mudah mudahan kopma selalu eksis, selalu bekerjasama dan bergotong royong semua pengurus dan anggotanya saling kompak antar KBM . baik di internal dan eksternal kopma semuanya sling merangkul saling mensukseskan dan juga bekerja sama.”ungkap Zaki.

 

Muhammad suaidi, Direktur Utama KOPMA tahun 2003 mengungkapkan dirinya terkesan dengan kegiatan KOPMA saat ini yang lebih baik, namun dirinya juga menyayangkan kuantitas KOPMA yang tak sebanyak pada zamannya menjabat.

“Harapannya kopma bisa mengembangkan formla unit usaha yang baru, baik dalam bidang kuliner maupun merchandise ataupun yang lainnya, yang penting kopma bisa berkembang dan bisa menjadi media pembelajaran buat semua mahasiswa mahasiwa yang ingin belajar di koperasi. Dan bisa menjalin relasi denga ukm yang ada di lingkungan kampus. Sebab ukm-ukm yang lain juga bisa mendukung.” Ujarnya saat diwawancarai kru SiGMA. Jumat (17/11).

Reski/AM/SiGMA

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *