HMJ Bahasa dan Sastra Arab Kedepankan Revitalisasi Budaya Lokal Dalam Semarak Sastra Nasional 2017

Newssigma.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) kembali gelar Semarak Sastra Nasional (SSN) 2017 yang diadakan di Aula Lantai 1 Sadzeli Hasan pada Kamis (16/11). Acara tersebut dibuka oleh Ujang Rafiudin, selaku Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten. Pada tehun ini BSA mengusung tema “Akulturasi Kesenian dan Kesastraan Demi Peradaban”.

Haroki Mujadidi selaku Ketua HMJ Bahasa dan Sastra Arab UIN “SMH” Banten periode 2017 mengatakan  acara ini dipersiapkan sejak tiga bulan yang lalu dan tema tersebut diangkat dengan tujuan agar pemuda saat ini bisa membudayakan kesastraan namun tidak meninggalkan budaya Lokal di daerahnya sendiri.

“tahun ini kami mengangkat tema budaya karena kita melihat pada zaman sekarang budaya kita sudah tertinggal atau tertutup oleh budaya modern. Budaya harus dilestarikan, terutama kebudayaan lokal di Banten. Harapannya semoga dengan acara ini kita tidak hanya mengangkat bahasa arabnya saja, budaya arab saja, akan tetapi juga mampu melestarikan budaya kita sendiri,” kata Haroki saat diwawancarai kru SiGMA sesaat setelah acara pembukaan selesai.

Lebih lanjut, Ahmad Riyanto selaku ketua pelaksana mengatakan tahun ini adalah tahun kedua Semarak Sastra diadakan dalam cakupan Nasional.

“pada tahun-tahun sebelunya kami hanya menyelnggarakan semarak sastra saja, dan sudah dua tahun ini kami selenggarakan acara nasional ,” jelas Yanto ketika diwawancarai kru SiGMA sesaat sebelum acara dimulai.

Acara tersebut berlangsung selama empat hari sampai dengan Minggu (19/11) dengan berbagai rangkaian acara yang turut memeriahkan seperti bazaar, perlombaan-perlombaan, Pameran Karya dan pentas seni, serta seminar Nasional yang diisi oleh tokoh ternama.

“hari ini sampai jumat akan dilaksanakan berbagai macam perlombaan, kemudian pada hari Sabtu akan ada Pameran Seni dan Karya yang salah satunya menampilkan seni budaya lokal Banten, yaitu debus dan pencak silat. Lalu pada hari puncak nanti akan ada seminar nasioal dan bedah buku oleh penulis novel Bestseller Ayat-Ayat Cinta, Habiburrohman El Shirazy,” kata Yanto saat meyampaikan laporan di acara pembukaan.

(Reski/AM/SiGMA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *